Sisi Lain dari Seminar TI untuk Perpustakaan Era Milenium

Seminar Sehari “Teknologi Informasi Untuk Perpustakaan Era Milenium III”, yang diselenggarakan pada hari Rabu 4 Agustus 2010 oleh UPT. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta di Gedung Teater Besar, diperkaya dengan adanya kuisioner. Kuisioner ini berupaya menjaring tanggapan peserta seminar. Bertujuan untuk mengetahui mutu pelaksanaan seminar tersebut.

Langkah ini ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dari para peserta seminar. Terbukti dengan jumlah lembar kuesionar yang terkumpul sebanyak 97% dan semua terisi jawaban. Partisipasi para peserta terhadap upaya menjaring umpan balik ini sangat mengembiraka.

Saat hari H pelaksanaan seminar, panitian menyertakan  kuisioner kepada para peserta seminar. Lembar kuisioner ini dimasukan ke dalam  Seminar Kit yang diberikan kepada para peserta dengan langkah ini dipastikan semua peserta mendapatkan lembar kuisioner tersebut. Pada akhir acara peserta seminar dihimbau untuk mengumpulkan lembar kuisioner yang telah mereka isi ke dalam boks yang telah disiapkan panitia.

Ada 10 pertanyaan yang diajukan kepada peserta. Berikut adalah pertanyaan dan hasil dari respon peserta:

Tabel 1.

Tabel 2

Tabel 3

Tabel 4

Tabel 5

Tabel 6

Tabel 7

Tabel 8

Tabel 9

Tabel 10

Secara umum boleh dikatakan bahwa seminar ini sangat berhasil. Hal ini bisa dilihat dari jawab kuisioner ke sepuluh yang mempertanyakan: “Secara umum saya puas dengan pelaksanaan seminar ini?”. Terbukti sebanyak 76% peserta menjawab Setuju dan 6% menjawab Sangat Setuju. Sementara yang menjawab Tidak Setuju hanya 3% dan tidak ada yang menjawab Sangat Tidak Setuju. Sedang 15% lainnya bersikap Netral.